DETAIL DOCUMENT
ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS IV TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK DI MI NAHDLATUSSUBBAN PLOSO KARANGTENGAH DEMAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
SURAYA, ANGGUN NUR INSANI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 02:19:19 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang memiliki berbagai cara dalam menyerap informasi yang diberikan oleh guru. Terdapat siswa yang belajar sambil duduk dan selalu memperhatikan ketika guru menjelaskan, ada juga siswa yang berlarian kesana kemari saat guru menjelaskan. Hal ini tentunya menyebabkan hasil belajar yang berbeda pada masing-masing siswa. Maka dari itu, guru harus memperhatikan gaya belajar yang dimiliki setiap siswa dan memberikan metode pembelajaran yang bervariasi supaya siswa dapat menyerap informasi sesuai dengan kemampuannya dan menambah pemahaman serta hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Gaya belajar apa saja yang terdapat pada siswa kelas IV MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak?. 2) Bagaimana gaya belajar siswa kelas IV MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan apa saja gaya belajar siswa kelas IV MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak. 2) untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas IV MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh akan dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data ini akan disajikan dalam bentuk deskripsi dengan kalimat yang telah disusun sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian yang telah didapat bahwa siswa kelas IV MI Nahdlatussubban Ploso karangtegah Demak memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestik. Dalam pembelajaran tematik, siswa lebih cenderung menggunakan gaya belajar kinestik, yaitu menyerap informasi melalui gerakan. Meskipun memiliki gaya belajar yang sama, namun hasil belajar yang dimiliki siswa berbeda. Saran yang akan diberikan ialah setiap guru harus memiliki berbagai macam metode dalam pembelajaran supaya bervariasi dan siswa tidak mudah bosan dalam melakukan sebuah pembelajaran, serta siswa dapat menerima materi dengan cara mereka sendiri yang sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa. Selain itu, sekolah juga harus memfasilitasi dengan sarana dan prasarana yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran agar guru juga dapat mengembangkan pembelajaran sehingga pembelajaran jadi lebih efektif. Kata kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang