Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui validitas e-modul berbasis
etnosains pada materi fisika fluida untuk kelas XI Mipa SMA/MA Semester gasal. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengemabnagan RnD dengan model Sugiyono
yang terdiri dari tahapan potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi
produk, revisi produk, dan uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA
dengan jumlah 22 siswa, 2 guru fisika di Ma An Nihdam Demak sebagai validator praktisi, dan 2
dosen Universitas PGRI Semarang sebagai validator ahli ahli bahan ajar. Hasil validasi ahli
materi diperoleh presentase sebesar 79,4%, validasi ahli media diperoleh presentase sebesar
92,3%, hasil validasi praktisi diperoleh rata- rata presentase 94% dan respon siswa diperoleh
presentase sebesar 87,7%. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul sudah memenuhi kriteria
kualitas yang ditentukan, sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika.
Kata kunci : E-modul, Etnosains, Fluida