DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 1 TAMBAHREJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Triadmaja, Desta Kirana
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 02:25:59 
Abstract :
Desta Kirana Triadmaja. NPM, 18120297, Pengaruh Model Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 1 Tambahrejo, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya permasalahan peserta didik kelas V SDN 1 Tambahrejo yang hasil belajar matematikanya masih rendah, hal ini dilihat dari dokumen hasil belajar matematika siswa dengan lebih dari 60% siswa nilainya berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah diterapkan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem solving terhadap hasil belajar matematika kelas V di SDN 1 Tambahrejo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, dengan Design One Group Pretest Posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Tambahrejo yang berjumlah 21 siswa. Uji persyaratan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tanpa diberi perlakuan dan hasil belajar dengan menggunakan metode problem solving mengalami perbedaan. Rata ? rata hasil belajar tanpa diberi perlakuan adalah 44 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 10%. Rata ? rata hasil belajar dengan menggunakan metode problem solving adalah 76 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 81%, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Tambahrejo. Bagi Sekolah sebaiknya memberikan fasilitas yang memadai untuk pelaksanaan pembelajaran misalnya property pendukung pembelajaran. Bagi guru harus mampu menciptakan pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan. Bagi siswa bisa dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif dan inovatif. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang