DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY BERBANTU MEDIA KONKRET TERHADAP KETRAMPILAN PROSES SAINS KELAS V SD NEGERI 01 KARANGASEM
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Erviana, Desy
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 02:28:23 
Abstract :
Desy Erviana. 16120181. ?Keefektifan Model Somantic Auditory Visual Intellectualy Berbantu Media Konkret terhadap Ketrampilan Proses Sains Kelas V SD Negeri 01 Karangasem?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah karena peserta didik kurang memiliki kemampuan ketrampilan proses sains, persentase hasil ulangan yang masih rendah pada indikator ketrampilan proses sains, kurangnya interaksi antara peserta didik dan guru dalam pembelajaran, kurangnya penggunaan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik oleh guru, sehingga peserta didik merasa jenuh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantu media konkret efektif terhadap ketrampilan proses sains peserta didik V SD Negeri 01 Karangasem?. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif desain One Group Pretest Posttest Desain. teknik sampling yang digunakan adalah teknik Nonpropability Sampling, yaitu peserta didik kelas V SDN 01 Karangasem yang berjumlah 36 yang terdiri atas 11 siswa dan 25 siswi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada kelas V SD Negeri 01 Karangasem didapatkan sebuah hasil penelitian bahwa bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000<0,05, dapat diartikan bahwa ada peningkatan ketrampilan proses sains pada materi lingkungan sehat kita. Hasil analisis statistik non parametrik dengan menggunakan teknik analisis sign test wilcoxon sebesar 10.716 dan ttabel diperoleh sebesar 2,009 pada taraf signifikan 5%, berarti thitung (10.716) > ttabel (2,009), maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ?model somantic auditory visual intellectualy berbantu media konkret efektif terhadap ketrampilan proses sains kelas V SD Negeri 01 Karangasem? diterima. Saran yang dapat disampaikan yaitu hendaknya guru menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan atau dengan dibantu media pembelajaran seperti video atau lainnya. Kata Kunci : Model Somantic Auditory Visual Intellectualy, Media Konkret, dan Ketrampilan Proses Sains. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang