DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN P5 PESERTA DIDIK KELAS IV SDN BANDUNGREJO 2 KABUPATEN DEMAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
PUTRIE, HALIMAH STEPHANY
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 02:31:30 
Abstract :
HALIMAH STEPHANY PUTRIE. NPM 19120254. ?Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran P5 Peserta Didik Kelas IV SD N Bandungrejo 2 Kabupaten Demak?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing 1: Moh.Aniq KHB, S.Pd., M. Hum dan Dosen Pembimbing II: Mei Fita Asri Untari, S.Pd ., M.Pd. Mei 2023. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran P5 di SDN Bandungrejo 2 Kabupaten Demak?, (2) Bagaimana metode yang ditempuh untuk penguatan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran P5 di SDN Bandungrejo 2 Kabupaten Demak?, (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran P5 di SDN Bandungrejo 2 Kabupaten Demak?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran P5, faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran P5 peserta didik kelas IV SDN Bandungrejo 2 Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Setting penelitian dilaksanakan di SDN Bandungrejo 2 Kabupaten Demak dengan teknik pengumpulan data berupa triangulasi menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Bandungrejo 2 Kabupaten Demak memiliki program sekolah yang mendukung implementasi Profil Pelajar Pancasila dan sudah terintegrasi dalam pembelajaran kokurikuler P5. Bentuk implementasi Profil Pelajar Pancasila yang di dukung oleh program sekolah berupa budaya sikap salam, sopan dan santun, kegiatan literasi rutin, sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah di sekolah, pembacaan surat-surat pendek untuk kelas 1,2,3 sebelum pembelajaran, pembecaan surat yasiin untuk kelas 4,5,6 sebelum pembelajaran, serta peserta didik diminta untuk membawa botol minum dan tempat makan sendiri dari rumah untuk mengurangi sampah plastik. Sedangkan pada kegiatan kokurikuler P5 dilakukan secara fleksibel sesuai dengan guru kelas masing-masing. Target implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran P5 ada dua dimensi, yakni Beriman, Bertawa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, serta Kreatif. Bentuk implementasi tersebut berupa kegiatan Saberling ?Sapu Bersih Lingkungan?, melakukan pemilihan sampah di lingkungan sekolah, membuat wadah pensil dari sampah sedotan plastik, dan melakukan projek menggambar secara kelompok dan individu. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan yaitu hendaknya orangtua memberikan support atau dukungan penuh untuk sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran P5. Keduanya harus selaras agar target dan tujuan dari implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran P5 dapat tercapai. Apabila ada rasa saling dukung antara orangtua dan pihak sekolah, tentunya hambatan dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila tersebut tidak akan terjadi. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang