DETAIL DOCUMENT
ANALISIS LITERASI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE DI SMK SWADAYA SEMARANG (Studi Deskritip pada Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran)
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Risma, Devi Hana
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-01-16 02:34:55 
Abstract :
Devi Hana Risma ?Analisis Literasi Pembelajaran Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Bisnis Online Di SMK Swadaya Semarang?, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat literasi digital siswa yang diikuti dengan tingkatnya tingkat plagiarisme pada artikel persuasif siswa. Penelitian dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana literasi pembelajaran berbasis digital pada mata pelajaran bisnis online di SMK Swadaya Semarang. Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan secara lengkap tingkat literasi pembelajaran berbasis digital pada aspek pencarian di internet, pandu arah hypertext, evaluasi konten informasi dan penyusunan pengetahuan. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dengan studi deskriptif pada jurusan BDP di SMK Swadaya Semarang untuk memahami fakta yang tersembunyi dibalik fenomena yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi pembelajaran berbasis digital pada guru dikatakan baik pada aspek pencarian di internet. Pada aspek pandu arah hypertext kemampuan guru dikategorikan baik karena mampu memanfaatkan dan menyusun hypertext untuk modul ajar. Pada aspek evaluasi konten informasi kemampuan guru dalam kategori baik dan pada aspek penyusunan pengetahuan dalam kategori sangat baik. Selanjutnya literasi pembelajaran pada siswa untuk aspek pencarian di internet tergolong baik, pada aspek pandu arah hypertext termasuk kategori kurang baik karena siswa tidak memahami mengenai istilah dalam hypertext dan kurang mampu dalam menerapkan hypertext pada artikel persuasif. Pada aspek evaluasi konten informasi dalam kategori kurang baik dikarenakan siswa kurang mampu dalam melakukan evaluasi informasi dari berbagai sumber. Pada aspek penyusunan pengetahuan siswa dalam kategori kurang baik dikarenakan siswa kurang mampu dalam menyusun pengetahuan dari media lain selain search engine dan kurang memahami macam-macam tindakan plagiat dan cara menghindari tindakan plagiat. Kata kunci: Literasi Pembelajaran, Literasi Digital, Plagiarisme 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang