Abstract :
Saat ini belum terdapat sistem pada Klinik Pratama Universitas
PGRI Semarang. Pendaftaran untuk periksa kesehatan masih menggunakan
cara konvensional, belum juga terdapat konsultasi yang bisa dilakukan
secara online. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengembangkan sebuah
sistem aplikasi dengan fitur reservasi dan konsultasi online. Aplikasi ini
dibuat berbasis website yang akan digunakan oleh admin dan berbasis
mobile untuk digunakan user sebagai pasien. Pembuatan aplikasi ini
menerapkan metode Rational Unified Process (RUP) dalam pengembangan
sistemnya. Pengujian Black Box sistem dapat berjalan dengan baik karena
tingkat keberhasilan 100%. Kemudian untuk pengujian White Box
menghasilkan nilai kurang dari 10 yang menyatakan bahwa aplikasi
memenuhi kriteria rekaya perangkat lunak. Dan yang terakhir adalah
pengujian User Acceptance Test (UAT) yang hasilnya diatas 81%, sehingga
masuk dalam kriteria sangat setuju. Aplikasi Hi-Clinic ini dapat diinstal
dengan minimum OS Android versi Lollipop.
Kata Kunci : Reservasi, Konsultasi, Online, Aplikasi Hi-Clinic, Klinik
Pratama Universitas PGRI Semarang, Rational Unified Process