DETAIL DOCUMENT
DESAIN PEMBELAJARAN GEOMETRI UNTUK MEMFASILITASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MANDIRAJA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
MAURIZKA, HANA TSANIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 02:37:32 
Abstract :
HANA TSANIA MAURIZKA. NPM 19120340. ?Desain Pembelajaran Geometri untuk Memfasilitasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis Siswa kelas IV SD Negeri 1 Mandiraja?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya proses pembelajaran yang mengembangkan kemampuan penalaran dalam mempelajari materi geometri sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari geometri kelas IV. Kesulitan dalam mempelajari geometri yang dialami siswa yaitu (1) penyajian konsep materi geometri yang tidak mampu ditangkap oleh siswa terkait dengan sisi, garis, ruang, sudut, dan simbol, (2) minimnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan suasana pembelajaran yang monoton dan sulit dipahami, (3) kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran geometri menyebabkan kurangnya keaktifan siswa untuk mengembangkan kemampuan penalarannya dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendesain pembelajaran geometri untuk memfasilitasi profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis siswa kelas IV SD Negeri 1 Mandiraja, (2) mendeskripsikan implementasi desain pembelajaran geometri yang memfasilitasi profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis siswa kelas IV SD Negeri 1 Mandiraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi hermeneutik adapun desain pembelajaran yang dibuat mengacu pada metode didactical design research (DDR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Mandiraja Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) masih terdapat kesulitan pembelajaran yang dialami oleh siswa. Implementasi desain pembelajaran geometri dari situasi pembelajaran yang disajikan, masih terdapat kecenderungan dengan kebiasaan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah, dari berbagai respon siswa ditemukan kesulitan yang dialami yaitu kesulitan dalam menerima konsep bagian atau ciri macam ? macam bangun datar, kesulitan dalam mengomunikasikan bangun datar sesuai dengan penalarannya, kesulitan dalam membandingkan macam ? macam bangun datar. Dari antisipasi yang telah dilakukan disimpulkan siswa lebih mudah memahami materi melalu benda atau bentuk secara 3D dan melalui pertanyaan pemantik. (2) terdapat peningkatan kemampuan siswa dari hasil observasi dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 berdasarkan capaian dimensi bernalar kritis yang semula belum berkembang menjadi berkembang sesuai harapan hal ini menunjukan perlunya kebiasaan pembelajaran yang mengorientasikan siswa untuk terus meningkatkan kemampuan pada siswa walaupun secara bertahap. Saran dalam penelitian yang dapat disampaikan yaitu: peneliti dapat memperbaiki desain pembelajaran geometri yang telah di implementasikan agar meminimalisir kesalahan dan kesulitan yang dialami oleh peserta didik tidak terulang kembali. Kata kunci: Desain Pembelajaran, Geometri, Bernalar kritis. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang