DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 17 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
NUR’AINI, ANISA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 02:59:44 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik yang masih sangat bergantung kepada guru dan kurangnya inisiatif mengerjakan soal secara individu. Melihat keadaan tersebut perlu adanya variasi pembelajaran yang harus diterapkan untuk membuat peserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran teks prosedur. Variasi model pembelajaran yang diupayakan yaitu penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model project based learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur peserta didik kelas VIIF SMP Negeri 17 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Berkaitan dengan rumusan masalah tersebut tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur peserta didik kelas VIIF SMP Negeri 17 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu kualitatif deskriptif yang mana teknik pengambilan sampelnya melalui teknik cluster random sampling dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII. Berdasarkan teknik tersebut kelas yang terpilih yaitu kelas VIIF. Hasil penelitian menunjukkan respon positif dari peserta didik selama mengikuti pembelajaran teks prosedur menggunakan penerapan model project based learning. Hasil nilai rata-rata mencapai 86,45 sedangkan hasil angket respon peserta didik mencapai 94%. . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning dapat diterapkan dalam pembelajaran teks prosedur. Kata Kunci: pembelajaran, penerapan, menulis, prosedur, pjbl. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang