DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI MA FUTUHIYYAH KUDU SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
AGUSTINA, ANITA DWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:07:05 
Abstract :
Latar belakang dari penelitian adalah tingginya perilaku prokrastinasi akademik dan rendahnya self-regulated learning pada siswa kelas XI MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Hal tersebut berdasarkan pada hasil AKPD yang menunjukkan kebutuhan tertinggi ada pada bidang pribadi dan belajar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI MA Futuhiyyah Kudu Semarang dengan tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Alat pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik dan skala self-regulated learning. Hasil penelitian dengan uji korelasi pearson product moment, diperoleh bahwa ada hubungan secara signifikan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI MA Futuhiyyah Kudu Semarang. Berdasarkan dari hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan bagi guru BK diharapkan dapat memberikan layanan BK yang sesuai untuk meningkatkan self-regulated learning dan mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa. Kata Kunci: Self-Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang