DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KEMAMPUAN MINIMUM (AKM) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
WIDIYANINGSIH, EKA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:11:30 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) ditinjau dari gaya belajar. Subjek penelitian dipilih berdasarkan gaya belajar siswa kelas VIII D SMP Kesatrian 1 Semarang sebanyak 25 siswa dengan menggunakan purposive sampling terpilih 6 siswa yaitu 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditori, dan 2 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes tertulis soal AKM, dan pedoman wawancara. Tes tertulis disajikan dengan bentuk soal uraian dengan 3 soal dan akan mengungkap 3 indikator kemampuan numerasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan, subjek dengan gaya belajar visual mampu mengungkap 2 indikator numerasi yaitu menganalisis informasi dari grafik dan keterampilan konsep. Subjek dengan gaya belajar auditori mampu mengungkap 3 indikator numerasi yaitu kemampuan menggunakan simbol dan angka, menganalisis informasi dari grafik dan keterampilan konsep. Sedangkan subjek dengan gaya belajar kinestetik mampu mengungkap 3 indikator numerasi yaitu kemampuan dalam menggunakan simbol dan angka terkait matematika, menganalisis informasi dari grafik, dan keterampilan konsep. Kata Kunci : Kemampuan Numerasi; AKM; Gaya Belajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang