DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA SMP/MTS
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Kusuma, Harya Giri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:11:38 
Abstract :
Media pembelajaran merupakan sumber belajar yang dapat mempermudah siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika berbasis android dengan pendekatan konstruktivisme pada Siswa SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid, efektif, serta praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) Analisis, 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Media pembelajaran ini diujicobakan pada kelas IX SMP N 1 Jepon dengan jumlah siswa 32. Hasil dari penelitian menunjukan kevalidan media dan materi yang diuji oleh 2 validator mendapatkan persentase sebesar 97,72% untuk media dan 92% untuk materi dengan kriteria sangat baik. Pada angket kepraktisan yang dilakukan pada kelas eksperimen dengan 30 responden mendapatkan persentase sebesar 94,06% menunjukkan kriteria sangat baik. Keefektifan media dilakukan melalui post test kemudian dilanjutkan dengan Uji T dan KBI, KBK pada hasil post-test siswa. Hasil menunjukkan bahwa rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari hasil belajar kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa SMP/MTs layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Android, Media pembelajaran, Pengembangan 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang