DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS III SD NEGERI BOTOREJO 01 PADA MASA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
RAKHIM, ANNA RIKA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:24:01 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak orang tua yang mengeluhkan peran mereka sebagai orang tua dalam memotivasi anak untuk belajar. Selain itu mereka juga harus dibatasi dalam penggunaan alat komunikasi untuk mencari informasi melalui media elektronik. Maka dari itu siswa kelas III Sekolah Dasar sangat membutuhkan peran orang tua dalam membantunya agar tetap belajar dirumah dengan maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua terhadap motivasi belajar anak usia sekolah dasar kelas III SD Botorejo 01 pada masa pandemi covid-19? . Sedangkan untuk tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua terhadap motivasi belajar anak usia sekolah dasar kelas III selama pandemi Covid-19. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif, karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Penelitian ini menggambarkan suatu peristiwa yang terjadi di lapangan yang berkaitan dengan peran orang tua terhadap motivasi belajar anak usia sekolah dasar kelas III pada masa pandemi covid-19. Data dalam penelitian ini berupa susunan kalimat yang diperoleh dari hasil angket, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk mencari dan menemukan pemahaman tentang fenomena dalam suatu latar yang berkonteks khusus. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada masa pandemi Covid 19 peran orang tua diperlukan dalam proses pembelajaran peserta didik. Peran orang tua dalam pendidikan merupakan perilaku yang diharapkan dari orang tua (ayah dan ibu) berupa tanggung jawab dan fungsinya yang harus dilaksanakan sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak untuk membentuk kepribadian anak. Sedangkan motivasi belajar merupakan dorongan dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar baik dari dalam maupun luar dirinya sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Orang tua dapat memberikan motivasi, perhatian, penghargaan, fasilitas, dan dukungan untuk anak saat aktivitas belajar di rumah. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan Hendaknya orang tua lebih berperan secara maksimal dalam meningkatkan motivasi belajar anak terutama di masa pandemi Covid-19. Sesibuk apapun orang tua, alangkah baiknya mengedepankan pendidikan anak. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, orang tua menjadi garda terdepan untuk mengawal anak-anak menuju cita-citanya. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang