DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP N 1 GUBUG TAHUN PELAJARAN 2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ZARANITA, HELLENA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:26:31 
Abstract :
Hellena Zaranita. NPM 19110030: ?Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP N 1 Gubug? Skripsi Progam Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023 Dosen Pembimbing I : Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Dr. G Rohartono Ajie, M.Pd. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP N 1 Gubug ini dilatar belakangi dengan adanya siswa yang tidak berani untuk mengungkapkan pendapatnya, kurang percaya diri ketika disuruh maju di depan kelas, menghindar ketika ingin ditanya oleh guru, dan masih ragu dengan kemampuan yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP N 1 Gubug. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian true eksperimental design dengan model pretest dan posttest control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Gubug. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas VIII G yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kepercayaan diri. Berdasarkan hasil pretest rata-rata kelompok eksperimen adalah 88,3 dan kelompok kontrol adalah 80,1. Sedangkan hasil posttest dapat dilihat setelah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan skor dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan traetment. Rata-rata posttest skor kelompok eksperimen adalah 9,15 dan kelompok kontrol adalah 83,0. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh dengan hasil thitung = 2,694, selanjutnya yang dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikasi 5% (0,05) yaitu 2,056. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung 2,694 > ttabel 2,056, maka hipotesis (Ha) diterima yang berbunyi ?ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP N 1 Gubug? diterima kebenarannya pada taraf siginifikasi 5%. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP N 1 Gubug. Berdasarkan hasil penelitian ini saran untuk siswa adalah siswa mampu meningkatkan rasa percaya diri secara optimal baik dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar, serta menambah wawasan dan pengalaman dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kata Kunci : Rasa percaya diri, Bimbingan kelompok 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang