DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PINTAR DAN CEPAT BERHITUNG PERKALIAN SISWA SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
THOYYIBAH, HIFNA IRODATUT
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:39:25 
Abstract :
HIFNA IRODATUT THOYYIBAH. NPM 19120347. ?Pengembangan Bahan Ajar Pintar dan Cepat Berhitung Perkalian Siswa Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I M. Yusuf Setia Wardana, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn., M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah beberapa siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran Matematika khususnya pada materi perkalian, bahan ajar yang digunakan masih sangat minim karena guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku guru dan buku siswa dimana didalam buku siswa kurang menarik secara visual didalam bahan ajar kurang adanya gambar dan variasi warna, selain guru masih kesulitan dalam mengembangkan bahan ajar. Maka dari itu guru dan siswa memerlukan bahan ajar yang menarik. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan, kevalidan, dan kelayakan bahan ajar Pintar dan Cepat Berhitung Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implemetation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Yosorejo. Hasil kevalidan penelitian diperoleh dari validasi materi dan media. Hasil persentase nilai yang diperoleh dari validasi materi adalah sebesar 99% dengan kriteria ?sangat layak? dan hasil persentase nilai yang diperoleh dari validasi media adalah 99% dengan kriteria ?sangat layak?. Hasil angket respon siswa kelas II SD Negeri Yosorejo mendapatkan persentase nilai sebesar 99% dengan kriteria ?sangat layak? dan angket respon guru kelas II SD Negeri Yosorejo mendapatkan persentase nilai sebesar 91% dengan kriteria ?sangat layak?. Sehingga dapat disimpulkan jika bahan ajar Pintar dan Cepat Berhitung Perkalian Siswa Sekolah Dasar valid dan layak digunakan di kelas II Sekolah Dasar. Berdasarkan penelitian ini, bahan ajar Pintar dan Cepat Berhitung Perkalian Siswa Sekolah Dasar valid dan layak digunakan oleh peserta didik kelas II SD Negeri Yosorejo. Kata Kunci : Pengembangan, Model ADDIE, Bahan Ajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang