DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN LKPD PELUANG BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION MENGGUNAKAN GEOGEBRA BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Majid, Husein Abdul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:45:38 
Abstract :
Kemampuan numerasi siswa masih rendah berdasarkan tes PISA 2018. Pembelajaran juga belum menekankan penyelesaian masalah sehari-hari. Berdasarkan kajian yang dilakukan peneliti, LKPD telah digunakan untuk menunjang kemampuan numerasi, begitu juga dengan pendekatan realistic mathematics education dan penggunaan GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKPD peluang berbasis realistic mathematics education menggunakan GeoGebra berorientasi pada kemampuan numerasi yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (reseach and development) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Semarang pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Hasil validasi dari ahli media dan ahli materi menunjukkan nilai validitas berturut-turut sebesar 83,89% dan 86,80% sehingga LKPD tergolong valid. Analisis angket respon siswa menghasilkan nilai kepraktisan sebesar 79,88% sehingga LKPD dikatakan praktis. Dari uji t data post test didapatkan bahwa kelas eksperimen memiliki kemampuan numerasi yang lebih baik daripada kelas kontrol. Perhitungan N-Gain juga menunjukkan peningkatan kemampuan numerasi siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. LKPD yang dikembangkan disimpulkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran berorientasi numerasi. Kata Kunci: pengembangan, realistic mathematics education, GeoGebra, numerasi. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang