DETAIL DOCUMENT
SISTEM PENJUALAN ONLINE (E-COMMERCE) BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PRIMKOPKAR KLUSTER JATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
KUROMA, ZAYIN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-03 04:48:27 
Abstract :
Prima Koperasi Karyawan (Primkopkar) Kluster Jati merupakan sebuah badan usaha di bawah naungan Dinas Perhutani Kabupaten Pemalang yang bergerak dalam bidang pemasaran dan penjualan hasil olahan dari hutan, lahan, atau perkebunan yang diolah oleh Perhutani. Saat ini promosi penjualan produk dan pengolahan data penjualan yang dilakukan oleh Primkopkar Kluster Jati masih secara manual, belum menggunakan sistem penjualan secara online. Hasil dari penelitian ini penulis berhasil membuat sistem penjualan online (e-commere) berbasis Customer Relationship Management (CRM) yang dapat membantu Primkopkar Kluster Jati dalam mempromosikan produk, menjaga hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka waktu yang panjang, meningkatkan loyalitas pelanggan, memberikan pelayanan, dan kemudahan kepada pelanggan dalam mengakses produk yang ditawarkan. Pengujian pada sistem ini menggunakan 3 pengujian yaitu black-box testing, white-box testing, dan user acceptance testing (UAT). Pada pengujian pertama yaitu white-box testing atau pengujian white-box setelah dilakukan perhitungan dengan 2 rumus cyclomatic complexity menghasilkan nilai yang sama. Selain itu, white-box testing juga menghasilkan 2 independent path. Pada hasil black box testing atau pengujian terhadap fugsionalitas yang terdapat pada sistem dengan melibatkan 3 dosen informatika sebagai responden dan mendapat hasil persentase 100% berhasil. Dan untuk hasil pengujian user acceptance testing (UAT) atau pengujian website terhadap pengguna dengan pelangganikan 11 pertanyaan dari aspek antarmuka, kemudahan dan kemanfaatan. Pengujian ini melibatkan 5 responden dari pengelola Primkopkar Kluster Jati dan pelanggan (masyarakat umum) mendapatkan hasil 93,81% dari perhitungan yang telah dilakukan. Kata kunci : E-commerce, Customer Relationship Management (CRM), Pelanggan 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang