DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TALKING CHIPS DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS XII MA FUTUHIYYAH KUDU
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
CAHYANI, ICHA FITRI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:50:19 
Abstract :
Icha Fitri Cahyani. NPM 19110197. Skripsi. 2 Maret 2023. ?Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Talking Chips Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas XII MA Futuhiyyah Kudu?. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dra. Wiwik Kusdaryani, M.Pd dan Pembimbing II Desi Maulia, S.Psi., M.Psi. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang dialami oleh peserta didik kelas XII MA Futuhiyyah Kudu, yaitu 1) peserta didik merasa tidak percaya diri dan cemas saat berbicara di depan umum karena public speakingnya kurang, 2) peserta didik lebih senang menyendiri dari pada berkumpul dengan sekitarnya, 3) peserta didik merasa malu untuk membuka diri dengan orang baru. Selain itu, rendahnya komunikasi interpersonal peserta didik disebabkan karena tidak adanya pemberian layanan bimbingan konseling. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik talking chips dalam meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik kelas XII. Populasi pada penelitian ini sebanyak 57 peserta didik, terdiri dari 29 peserta didik dari kelas IPA dan 28 peserta didik dari kelas IPS kemudian didapati sampel penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas IPA dengan teknik pengambilan probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dan wawancara terstruktur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan True Experimental Design dengan model pretest- posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat 3 tahapan dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik talking chips yaitu: 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap penilaian. Dalam hasil penelitian ini terdapat perbedaan selisih skor pada peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik talking chips, dibuktikan pada hasil hipotesis signifikasi (2, tailed) sebesar 0,000. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Bimbingan Kelompok, Talking Chips 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang