DETAIL DOCUMENT
PROFIL KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Ardian, Eki
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:50:53 
Abstract :
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier tiga variable (SPLTV) ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket gaya belajar siswa, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa X A SMA Institut Indonesia Semarang yang terdiri dari 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu (1) siswa dengan gaya belajar visual melakukan kesalahan pada tahap menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali solusi; (2) siswa dengan gaya belajar auditorial melakukan kesalahan pada tahap membuat rencana; (3) siswa dengan bergaya kinestetik melakukan kesalahan pada tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali solusi. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Menyelesaikan Soal SPLTV , Gaya Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang