Abstract :
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan
siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier tiga variable (SPLTV)
ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket
gaya belajar siswa, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini
adalah 3 siswa X A SMA Institut Indonesia Semarang yang terdiri dari 1 siswa
dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 1 siswa
dengan gaya belajar kinestetik. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi
teknik. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian yaitu (1) siswa dengan gaya belajar visual melakukan
kesalahan pada tahap menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa
kembali solusi; (2) siswa dengan gaya belajar auditorial melakukan kesalahan pada
tahap membuat rencana; (3) siswa dengan bergaya kinestetik melakukan kesalahan
pada tahap melaksanakan rencana dan memeriksa kembali solusi.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Menyelesaikan Soal SPLTV , Gaya Belajar