DETAIL DOCUMENT
ANALISIS IMPLEMENTASI FUN MATH BOX BERBASIS LOOSE PARTS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYAH BUSTANUL ATHFAL 10 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
YULIASTANTI, ERNITA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:51:58 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penyelenggaraan pendidikan anak usia dini banyak mengalami permasalahan-permasalahan dalam proses pembelajaran. Seperti halnya kurangnya kreativitas dan inovasi guru, serta alat permainan edukatif yang kurang mendukung, sehingga proses pembelajaran kurang mendorong kemampuan anak dalam berkreativitas serta berpikir tingkat tinggi. Proses pendidikan di Indonesia masih kental pada tahap berpikir tingkat awal (mengingat, memahami, menerapkan), belum mendorong anak mencapai kemampuan untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu masalah yang dialami anak. Berdasarkan konteks penelitian, maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah ?Bagaimanakah implementasi Fun Math Box berbasis Loose Parts dalam pembelajaran matematika anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 10 Semarang?? Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Fun Math Box berbasis Loose Parts dalam pembelajaran matematika anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 10 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif berupa kata-kata, tulis, lisan, dan gambar. Lokasi penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 10 Semarang. Data bersumber dari person, place, process, dan paper. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 10 Semarang, Implementasi Fun Math Box berbasis Loose Parts memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran matematika untuk anak usia 4-5 tahun. Kemudahan dalam memainkan alat peraga fun math box telah memberikan kemudahan kepada anak untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan kemampuan matematika anak usia 4-5tahun. Fun Math Box memiliki komponen yang lengkap dan sesuai dengan pedoman K13 PAUD. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan ide permainan untuk menggunakan media fun math box agar anak tidak mudah bosan belajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang