DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN TARI KREASI DI TK PGRI 04 KARTINI SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Yulianti, Eko
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:53:34 
Abstract :
Eko Yuliyanti. NPM 17159001. ?Analisis Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Kelompok B Melalui Kegiatan Tari Kreasi di TK PGRI 04 Kartini Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas PGRI Semarang. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kecerdasan kinestetik anak usia dini kelompok B melalui kegiatan tari kreasi. Kecerdasan kinestetik yaitu kemampuan menggunakan tubuh secara terampil untuk memecahkan masalah, menciptakan produk, dan mengemukakan gagasan atau emosi. Orang-orang yang mempunyai kecerdasan ini salah satunya adalah penari,. Cara mengembangkan kecerdasan kinestetik salah satunya dengan memberi kesempatan pada kemampuan siswa dalam menggunakan tubuh secara terampil untuk mengungkapkan ide atau pemikiran dan perasaan. Kegiatan yang dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik diantaranya adalah menari. Tari kreasi untuk anak usia dini adalah bentuk tarian kreatif yang diciptakan seorang guru dengan gerak yang sederhana dan dapat diikuti oleh anak dan tema dalam tarian kreasi untuk anak usia dini. Gerak tari kreasi sangat berkaitan dengan kecerdasan kinestetik anak, karena gerak anak menimbulkan gerakan-gerakan yang bermakna untuk anak, oleh karena itu apabila anak bisa bergerak apa saja akan menciptakan motorik anak menjadi semakin kreatif dan berkembang. Pada penelitian ini peneliti mencoba untuk menganalisis pengembangan kecerdasan kinestetik anak usia dini kelompok B melalui kegiatan tari kreasi di TK PGRI 04 Kartini Semarang yaitu apakah kecerdasan kinestetik anak usia dini kelompok B dapat dikembangkan melalui kegiatan tari kreasi dan bagaimana perkembangan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan tari kreasi pada kelompok B di TK PGRI 04 Kartini Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana peneliti adalah sebagai perencana, pelaksana pengumpulan data, penganalisis data, dan sekaligus pelapor dari hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti di TK PGRI 04 Kartini Semarang, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan kinestetik anak usia dini kelompok B dapat dikembangkan melalui kegiatan tari kreasi, dan perkembangan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan tari kreasi pada kelompok B di TK PGRI 04 Kartini Semarang menunjukkan hasil sesuai dengan harapan. Kata kunci: kecerdasan kinestetik, tari kreasi, anak usia dini 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang