DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS STEAM MATERI PERPINDAHAN KALOR KONVEKSI DI SEKITAR KITA PADA MUATAN IPA KELAS 5 SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
RAHMASARI, ANNISA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:54:50 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah proses penyampaian pembelajaran yang belum menggunakan pendekatan STEAM, literasi sains siwa yang rendah sehingga berdampak pada rendahnya nilai pengetahuan siswa serta keterbatasan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan media E-Comic berbasis STEAM materi perpindahan kalor konveksi di Sekitar Kita pada Muatan IPA Kelas 5 Sekolah Dasar?, 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media E-Comic berbasis STEAM materi perpindahan kalor konveksi di Sekitar Kita pada Muatan IPA Kelas 5 Sekolah Dasar?, 3) Bagaimana ketuntasan nilai pengetahuan siswa terhadap media E-Comic berbasis STEAM materi perpindahan kalor konveksi di Sekitar Kita pada Muatan IPA Kelas 5 Sekolah Dasar?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kelayakan, dan ketuntasan belajar siswa dari penggunaan media E-Comic berbasis STEAM ini. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Guyangan. Data yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kelayakan produk ini didapat melalui penilaian dari validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan angket respon guru dan siswa serta tes untuk mengetahui peningkatan nilai kognitif siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media E- Comic Berbasis STEAM dinyatakan ?valid? sesuai dengan hasil validasi ahli materi sebesar 93%, ahli media sebesar 97 %, dan ahli bahasa 100%. Sementara, angket respon guru kelas yang menunjukkan skor total sebesar 100% dan hasil angket respon siswa yang mendapatkan persentase skor total sebesar 97,83% dengan kriteria sangat praktis, dan keefektifan media ini didapat dari hasil tes siswa yang menunjukkan adanya peningkatan nilai pengetahuan siswa. Hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan dari nilai pre test dengan rata-rata 27,22 dan nilai post test dengan rata-rata 95,99. Hal ini menunjukkan bahwa media E- Comic berbasis STEAM layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya media E-Comic berbasis STEAM materi konveksi dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat membantu meningkatkan literasi sains siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang