DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 9 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Ningrum, Esti Kartina
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:55:40 
Abstract :
Penelitian Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X Di SMK N 9 Semarang di latar belakangi oleh siswa yang sukar dalam mencari teman baru dan enggan mendekati teman-teman yang lain, selain itu banyak siswa yang enggan bertanya di kelas saat jam pelajaran berlangsung, dikarenakan siswa tidak berani dan kurang percaya diri untuk meminta penjelasan ulang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat percaya diri siswa kelas X SMK N 9 Semarang, (2) mengetahui tingkat penyesuaian diri siswa kelas X SMK N 9 Semarang, (3) mengetahui hubungan antara percaya diri dengan penyesuaian diri siswa kelas X SMK N 9 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 324 siswa dan diambil 15% dari seluruh jumlah populasi sebanyak 49 siswa yang dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 9 kelas dari 4 jurusan. Teknik pengambilan data menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala psikologi. Sedangkan analisis data dengan menggunakan pengolahan statistic dengan program SPSS for Windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar siswa memiliki tingkat percaya diri tinggi dengan presentase 42,8% sedangkan untuk penyesuaian diri, sebaagian besar siswa berada pada kategori sedang dengan hasil presentase 42,8%. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi yang signifikan antara percaya diri dengan penyesuaian diri siswa kelas X SMK N 9 Semarang dengan hasil korelasi (0,428) dengan sig sebanyak 0,002 yang artinya 0,002<0,05. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara percaya diri dengan penyesuaian diri siswa. Itu berarti semakin tinggi rasa percaya diri maka semakin dapat menyesuaikan diri dan begitu juga sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru BK lebih bijaksana dalam memperhatikan kondisi siswa secara individu sehingga dapat memahami permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat percaya diri dan penyesuaian diri siswa. Kata Kunci : Percaya Diri, Penyesuaian Diri 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang