DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI TINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Arumningsih, Eys
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 03:59:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari tipe kepribadian siswa yang berbeda-beda. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa angket tipe kepribadian Hippocrates ? Galenus dan tes tertulis kemampuan berpikir kreatif materi teorema pythagoras. Subjek penelitian ini terdiri dari 29 siswa kelas VIII A SMP Walisongo 1 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil pengisian angket tipe kepribadian dari dari 29 responden diperoleh 29% siswa bertipe kepribadian sanguinis, 24% siswa bertipe kepribadian koleris, 17% siswa bertipe kepribadian melankolis dan 31% siswa bertipe kepribadian phlegmatis. (2) Subjek dengan tipe kepribadian melankolis dapat memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif, subjek dengan tipe kepribadian sanguinis dan koleris sudah mampu memenuhi indikator kefasihan (fluency), keaslian (originality), kerincian (elaboration), sedangkan subjek dengan tipe kepribadian phlegmatis hanya memenuhi indikator kefasihan (fluency) dan kerincian (elaboration). Kesimpulannya bahwa setiap siswa dengan tipe kepribadian yang berbeda dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif setiap siswa. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif; Tipe Kepribadian; Open Ended; Sanguinis; Koleris; Melankolis; Phlegmatis; Hippocrates-Galenus 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang