Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa
SMP dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari tipe kepribadian siswa
yang berbeda-beda. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan
instrumen berupa angket tipe kepribadian Hippocrates ? Galenus dan tes tertulis
kemampuan berpikir kreatif materi teorema pythagoras. Subjek penelitian ini
terdiri dari 29 siswa kelas VIII A SMP Walisongo 1 Semarang. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa (1) hasil pengisian angket tipe kepribadian dari dari 29
responden diperoleh 29% siswa bertipe kepribadian sanguinis, 24% siswa bertipe
kepribadian koleris, 17% siswa bertipe kepribadian melankolis dan 31% siswa
bertipe kepribadian phlegmatis. (2) Subjek dengan tipe kepribadian melankolis dapat
memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif, subjek dengan tipe kepribadian
sanguinis dan koleris sudah mampu memenuhi indikator kefasihan (fluency), keaslian
(originality), kerincian (elaboration), sedangkan subjek dengan tipe kepribadian
phlegmatis hanya memenuhi indikator kefasihan (fluency) dan kerincian
(elaboration). Kesimpulannya bahwa setiap siswa dengan tipe kepribadian yang
berbeda dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif setiap siswa. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif; Tipe Kepribadian; Open Ended;
Sanguinis; Koleris; Melankolis; Phlegmatis; Hippocrates-Galenus