DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KONTROL DIRI SISWA SMP N 34 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
IMAGHFIROH, IMAGHFIROH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 04:21:54 
Abstract :
Imaghfiroh. NPM 19110078 "Efektivitas Bimbingan Klasikal Metode Problem Based Learning terhadap Kontrol Diri Siswa SMP N 34 Semarang". Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang 2023 Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan kontrol diri siswa di SMP N 34 Semarang. Berdasarkan rumusan masalah, tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan klasikal metode problem based learning untuk meningkatkan kontrol diri siswa. Metode penelitian in menggunakan true experimental design dengan teknik desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI A-IX G, Dengan jumlah siswa 233. Sampel pada penelitian ini dipilih secara random yang kemudian dibagi menjadi 2 kelas yaitu IX A kelas esperimen dan IX G kelas kontrol. Sampling yang digunakan adalah sampling cluster random sampling. Hasil analisis penelitian ini deketahui uji hipotesis diperoleh data post-test dengan nilai sig, 0,035 > 0,05 dengan demikian Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ?Ada pengaruh layanan bimbingan klasikal metode problem based learning terhadap kontrol diri siswa SMP N 34 Semarang? Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu layanan bimbingan klasikal metode problem based learning dapat digunakan guru BK untuk meningkatkan kontrol diri siswa Kata kunci: Bimbingan klasikal metode problem based learning, kontrol diri 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang