DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEMPET DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
KURNIANINGSIH, INDAH AGUSTINA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 04:36:37 
Abstract :
Indah Agustina Kurnianingsih, NPM 19410054. ?Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Dempet Demak Tahun Pelajaran 2022/2023?. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs. Suyoto, M.Pd., dan pembimbing II Latif Anshori Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Juli 2023. Kata kunci : Penerapan Model Problem Based Learning, menulis pantun. Penelitian ini dilatarbelakangi untuk meningkatkan pembelajaran menulis pantun bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 2 Dempet Demak melalui model problem based learning tahun pelajaran 2022/2023. Penerapan model problem based learning diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami materi dan kemampuan menulis pantun. Melalui model problem based learning peningkatan yang terjadi dapat dilihat berdasarkan dari proses maupun hasil. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil penerapan model problem based learning dalam pembelajaran menulis pantun kelas VII SMP Negeri 2 Dempet Demak Tahun Pelajaran 2022/2023? Adapun tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning dalam pembelajaran menulis pantun kelas VII SMP Negeri 2 Dempet Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa dengan sampel peserta didik kelas VII H SMP Negeri 2 Dempet Demak. Teknik pegumpulan data penelitian ini adalah teknik nontes menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi serta teknik tes sebagai pendukung. Hasil penerapan menunjukan bahwa penerapan model problem based learning dalam pembelajaran menulis pantun mampu menarik perhatian siswa, proses pembelajaran berjalan dengan kondusif dan tidak monoton. Selain itu, siswa mampu berfikir kritis, logis, dalam memecahkan sebuah masalah. Data yang diperoleh dalam menulis pantun nilai tertinggi 100, nilai terendah 77, danjumlah keseluruhan 2506 dengan nilai rata-rata 93. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebaai pedoman model pembelajaran menulis pantun salah satunya menggunakan model problem based leraning dalam upaya memperbaiki hasil belajar siswa dan memfasilitasi siswa dalam menggembangkan Bahasa Indonesia khusunya materi menulis pantun. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang