DETAIL DOCUMENT
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSIF
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Damayanti, Gitizsa Febrina
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 04:43:30 
Abstract :
Layanan pendidikan inklusif menjadi alternatif untuk para orang tua dari anak berkebutuhan khusus agar dapat menyekolahkan anak-anaknya di sekolah formal umum. Semakin banyaknya jumlah sekolah inklusif menunjukkan bahwa masyarakat mulai terbuka dan dapat menerima perbedaan yang ada disekelilingnya. Disamping itu menunjukkan bahwa orang tua dari anak berkebutuhan khusus memiliki kecenderungan dimana orang tua lebih memilih menyekolahkan anaknya pada pendidikan inklusif daripada sekolah luar biasa atau sekolah khusus. Hal tersebut tentu menjadi menarik untuk diteliti lebih mendalam karena tindakan yang dilakukan orang tua tersebut merupakan sebuah tindakan sosial yang mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua menyekolahkan anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan sumber data dilakukan secara purposive, sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu orang tua dan sumber data sekunder yaitu guru BK dan siswa berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, sedangkan sebagai instrumen adalah peneliti sendiri. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif dengan aktivitas meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua menyekolahkan anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif yaitu terdiri dari faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi faktor sosial dan faktor geografi sedangkan faktor internal meliputi faktor perorangan dan faktor psikologi. Faktor sosial merupakan faktor utama yang mempengaruhi orang tua menyekolahkan anak berkebutuhan di sekolah inklusif. Referensi atau informasi positif yang diperoleh orang tua dari teman kerja dan saudaranya membuat orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus mengambil keputusan untuk menyekolahkan anaknya di sekolah inklusif. Kata Kunci : Orang tua, anak berkebutuhan khusus, sekolah inklusif 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang