DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SDN 1 TANGGEL KABUPATEN BLORA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Ratri, Giovani Marganing
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 04:46:54 
Abstract :
GIOVANI MARGANING RATRI. NPM 19120323. ?Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas IV SDN 1 Tanggel Kabupaten Blora?. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Pembimbing I Filia Prima Artharina S. Pd., M. Pd. dan Pembimbing II Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M.Pd. Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya peran guru dalam proses pembelajaran. Guru perlu meningkatkan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik. Salah satunya kompetensi pedagogik guru karena sangat berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran peserta didik di dalam kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana guru mengimplementasikan kompetensi pedagogik dalam Kurikulum Merdeka di kelas IV SDN 1 Tanggel. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui guru mengimplementasikan kompetensi pedagogik dalam Kurikulum Merdeka di kelas IV SDN 1 Tanggel Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian kualitatif ini menggunakan purposive sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data yang diperlukan dari narasumber atau sumber data yang lain adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada Implementasi kompetensi pedagogik guru dalam Kurikulum Merdeka di kelas IV SDN 1 Tanggel Kabupaten Blora. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru dalam Kurikulum Merdeka di kelas IV SDN 1 Tanggel Kabupaten Blora sudah terpenuhi secara menyeluruh. Dari ke sembilan indikator kompetensi pedagogik menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, ada dua indikator yang cukup baik. Sedangkan tujuh indikator yang lainnya sudah dilaksanakan dengan baik dan optimal sesuai dengan indikator yang harus dicapai dari kompetensi tersebut. Berdasarkan penelitian ini, saran yang disampaikan adalah sekolah diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif baik sarana dan prasarana pembelajaran sehingga diharapkan mampu mendukung proses pembelajaran peserta didik di sekolah. Bagi kepala sekolah, diharapkan mengadakan workshop maupun pelatihanpelatihan guna meningkatkan kemampuan dan pemahaman guru mengenai kompetensi-kompetensi yang harus dimilikinya. Bagi guru, diharapkan guru lebih meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya untuk mengoptimalkan potensi peserta didiknya baik akademik ataupun non akademik. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang