Abstract :
Sholikah, Mar?atus. 2021. Pengaruh model project based learning terhadap
kemampuan berfikir kritis siswa kelas V SDN Asemrowo II
Surabaya pada mata pelajaran IPA subtema suhu dan kalor.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen
Pembimbing: 1. Erlin Kartikasari, S.Pd., M.Pd., 2. Diyas Age
Larasati, S.Pd., M.Pd.,
Hasil belajar siswa masih rendah, disebabkan guru yang monoton
dalam memberikan pembelajaran dengan metode ceramah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model project based learning
dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi IPA.
Project based learning merupakan model pembelajaran yang berfokuskan
siswa terhadap kerja proyek. siswa diminta untuk terlibat aktif dan kreatif
dalam mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan metode
sampel dari penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Asemrowo II Surabaya.
Teknik dan instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes yang berupa
pretest dan posstest. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru,
aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap model project based learning
mendapat kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari presentase pada pertemuan 1
pada kelas yang belum diberi perlakuan mendapatkan presentase sebesar
66,66%, pertemuan 2 setelah diberi perlakuan mendapatkan presentase
sebesar 73,80% dari kedua pertemuan tersebut terdapat pengaruh model
project based learning. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaruh model
project based learning dapat meningkatkan hasil belajar dengan cara siswa
dilibatkan ke dalam suatu kerja proyek dan kemampuan berfikir kritis siswa
dimunculkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 5
pada materi IPA subtema suhu dan kalor.