Institusion
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Author
MEDIN, MARIA ELLIZABET VALENTINA
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2021-10-01 03:40:46
Abstract :
ABSTRAK
ANALISA PENENTUAN HARGA UNTUK
KONSUMEN AKHIR PADA PT SUKSES TRI MANDIRI JAYA SURABAYA
Harga jual harus dapat menutup semua biaya yang dikeluarkan dan menghasilkan laba yang diinginkan. Faktor biaya merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual, karena biaya menggambarkan batas minimum yang harus dipenuhi perusahaan agar tidak mengalami kerugian. Cost plus pricing adalah nilai biaya tertentu ditambah dengan kenaikan (mark-up) yang ditentukan. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui penentuan harga untuk konsumen akhir PT Sukses Tri Mandiri Jaya Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada tiga competitor, satu konsumen PT Sukses Tri Mandiri Jaya Surabaya, dan kepada supplier perusahaan. Dokumentasi yang akan digunakan didapat dari beberapa laporan penjualan PT Sukses Tri Mandiri Jaya Surabaya. Uji kredibilitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan member check. Penelitian ini membahas mengenai penentuan harga yang dilakukan PT Sukses Tri Mandiri Jaya Surabaya dengan cara melihat daya beli konsumen sehingga membuat perusahaan mempunyai penjualan dan marjin yang tidak stabil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan akan menggunakan tabel harga jual yang telah dihitung dengan metode cost plus pricing untuk menghitung biaya, kemudian competitor based pricing untuk menghitung laba yang ditetapkan perusahaan dan maksimalisasi laba untuk range volume penjualan.
Kata kunci: cost plus pricing, penentuan harga jual, competitor based pricing, maksimalisasi laba.