DETAIL DOCUMENT
Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan pada kelas VII SMP Katolik Indriyasana VII Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Author
Sugianti, Lutgardis
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-08-04 07:04:20 
Abstract :
ABSTRAK Analisis Kesalahan Siswa Dalam Meyelesaikan Soal Cerita pecahan pada SMP Katolik Indryasana VII Surabaya. Skripsi Jurusan Pendidikan, Fakultas Bahasa Dan Sains, Universitas Wijaya Kususma Surabaya. Dengan Pembimbing I. Dr. Fatkul Anam, M.Si dan pembimbing II. Amalia Chamidah S.Pd., M.Pd Kata kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Menyelesaikan Soal Cerita, Materi Pecahan. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang di ajarkan pada jenjang pendidikan di indonesia Kemampuan yang harus dimiliki peserta didik khususnya setelah belajar matematika salah satunya adalah kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP Indryasana VII Surabaya dalam mengerjakan soal cerita pada materi pecahan, serta untuk mengetahui Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Metode penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan menganalisis kesalahan siswa dari instrumen yang di berikan. Sampel yang di ambil adalah siswa kelas VII SMP Katolik Indriyasana VII Surabaya dengan jumlah subjek 3 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 4 jenis kesalahan yang di lakukan, yaitu kesalahan prosedural, kesalahan Transformasi, kesalahan membaca dan memahami soal, kesalahan pengerjaan (kesalahan konsep). Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu kurang teliti dan belum menguasai materi 

File :
ABSTRAK.pdf
Institution Info

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya