DETAIL DOCUMENT
Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe creative problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi relasi dan fungsi SMP Katolik Indriyasana VII Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Author
Da Costa, Yuliana
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-08-04 07:03:06 
Abstract :
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP BELAJARA MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MATERI RELASI DAN FUNGSI SMP KATOLIK INDRIYASANA VII SURABAYA Yuliana Da Costa 22 Juli 2020 Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Email : yulianadcosta29@gmail.com ABSTRAK Rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh banyak faktor, baik secara internal maupun eksternal.Salah satu faktor tersebut adalah kecenderungan guru lebih aktif dalam pembelajaran, dibandingkan dengan siswa. Akibatnya siswa pasif dan hasil belajarnya cenderung rendah. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswater libat secara aktif, dalam proses pembelajaran matematika di kelas terutama pada materi Relasi dan faungsi adalah dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Creative Problem Solving. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan, model pembelajaran Kooperatif tipe Creative Problem Solving dengan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui materi Relasi dan Fungsi siswa kelas Vlll SMP Katolik Indriyasana Vll Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Katolik Indriyasana Vll Surabaya dan sampel diambil secara Purposive Sampling yaitu kelompok A sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, Berdasarkan uji perbedaan rata-rata dengan uji pihak kanan (uji t) diperoleh bahwa thitung < ttabel yaitu 0,521 < 2,145 artinya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pemebelajaran Kooperatif tipe Creative Problem Solving lebih tinggi dari model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran tipe Creative Problem Solving,Hasil Belajar Matematika. 

File :
ABSTRAK.pdf
Institution Info

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya