Abstract :
ABSTRACT
Endorsement is a promotion service by a famous celebrity in cyberspace
by promoting merchandise from one of the online shops where the online shop
sends their merchandise to be promoted. Not only that Endorsement services also
provide benefits in the form of commercial benefits provided by online shop
account holders. The symbiotic advantage between the two is done
simultaneously, where the online shop owner will get an abundant number of
orders from the promotion, and a celebrity will benefit. The formulation of the
problem in this thesis is how the characteristics of fraud in endorsement on social
media and what are the obstacles that occur in the investigation of endorsement
fraud on social media
This type of research is normative legal research, namely research carried
out by conducting a review of applicable laws and applied to a particular legal
problem. So, it aims to study one or several specific legal phenomena by
analyzing them.
Article imposed, namely article 28 paragraph (1) of the ITE Law and
Article 378 of the Criminal Code, we can see that both of them regulate different
things. Article 378 of the Criminal Code regulates fraud, while Article 28
paragraph (1) of the ITE Law regulates lies that cause consumer losses in
electronic transactions. Ways to avoid endorsement fraud include making written
contracts, avoiding products or services that are suspicious of legality, do not
spread false and misleading information, do not use photos or other people's work
without permission.
Keywords: Endorsement, Social Media, Fraud.
ABSTRAK
Endorsement adalah sebuah jasa promosi oleh seorang selebgram terkenal
di dunia maya dengan mempromosikan barang jualan dari salah satu online shop
yang dimana online shop tersebut mengirimkan barang jualan mereka agar bisa di
promosikan. Tak hanya itu jasa Endorsement juga memberikan keuntungan
berupa keuntungan komersil yang diberikan oleh pemilik akun online shop.
Keuntungan simbiosis antar keduanya dilakukan secara bersamaan, dimana
pemilik online shop akan mendapatkan jumlah orderan yang melimpah dari hasil
promosinya, dan seorang selebgram tersebut akan mendapatkan keuntungan.
Rumusan masalah pada penulisan skripsi ini adalah bagaimana karakteristik
penipuan dalam endorsement di media sosial dan apa saja kendala ? kendala yang
terjadi dalam penyidikan penipuan endorsement di media sosial
Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif (normative legal
research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara melakukan pengkajian
perundang-undangan Yang berlaku dan diterapkan terhadap suatu permasalahan
hukum tertentu. Maka, bertujuan untuk mempelajari satu atau beberapa gejala
hukum tertentu dengan jalan menganalisanya.
Pasal yang dikenakan yaitu pasal 28 ayat (1) UU ITE dan Pasal 378
KUHP tersebut dapat kita ketahui bahwa keduanya mengatur hal yang berbeda.
Pasal 378 KUHP mengatur penipuan, sementara Pasal 28 ayat (1) UU ITE
mengatur mengenai berita bohong yang menyebabkan kerugian konsumen dalam
transaksi elektronik. Cara menghindari penipuan endorsement meliputi buat
kontrak tertulis, hindari produk atau jasa yang mencurigakan legalitasnya, jangan
menyebarkan info bohong dan menyesatkan, tidak menggunakan foto atau karya
orang lain tanpa izin.
Kata Kunci : Endorsement, Media Sosial, Penipuan.