DETAIL DOCUMENT
Pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SDN Asemrowo II
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Author
Setyowati, Dwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-08-11 04:27:26 
Abstract :
Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dalam menggunaan model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 8 materi cerita fiksi kelas IV Sekolah Dasar Negeri Asemrowo II Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental). Sampel yang digunakan adalah nonprability sampling dengan sampling jenuh sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, yaitu seluruh kelas IV yang terdiri atas kelas A dan B. Kelas A ditunjuk sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen, setiap kelas berisi 25 siswa. Instrumen yang dipilih pada penelitian ialah lembar tes (Pretest- posttest) serta dokumentasi berfungsi untuk memperkuat data. Hasil analisis data yang didapat dari uji Independent T Test adalah nilai signifikasi (2 tailed = 0,000)
Institution Info

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya