DETAIL DOCUMENT
Pengaruh media pembelajaran roda pintar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V mata pelajaran matematika SDN Asemrowo Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Author
Fitriani, Alifia Nur
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-08-13 06:05:26 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran roda pintar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan mengetahui respons siswa setelah menggunakan media pada pembelajaran matematika di SDN Asemrowo Surabaya. Urgensi dari penelitian ini adalah perlunya usaha meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Kecenderungan siswa tidak mau bertanya saat mengalami kesulitan belajar dan penggunaan media pembelajaran yang tidak tepat harus dihindari agar siswa dapat memahami materi. Media pembelajaran roda pintar adalah media yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan melatih siswa untuk berpikir kritis dalam kegiatan diskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Asemrowo Surabaya. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas V-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa adalah uji independent sample t test, sedangkan untuk menghitung persentase angket respons siswa menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis tes diperoleh dari uji independent sample t test diperoleh nilai t hitung = 5,538 > t tabel = 1,6772 artinya H? ditolak dan H? diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan media pembelajaran roda pintar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Asemrowo Surabaya pada pembelajaran matematika materi penyajian data. Besar pengaruh media roda pintar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah 37,28%. Sedangkan hasil analisis angket respons siswa memperoleh rata-rata persentase 86,92% yang menunjukkan bahwa respons siswa sangat tinggi ketika melakukan pembelajaran matematika menggunakan media roda pintar. 
Institution Info

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya