DETAIL DOCUMENT
Kualitas layanan perpustakaan dengan metode pengukuran LIBQUAL+TM di Perpustakaan SMP Khadijah Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Author
Sikloida, Mega Rakhma Putri
Subject
Z665 Library Science. Information Science 
Datestamp
2018-04-03 10:03:04 
Abstract :
Mega Rakhma Putri Sikloida. 2018. Kualitas Layanan Perpustakaan di Perpustakaan SMP Khadijah Surabaya. Jurusan Ilmu Perpustakaan FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing : (I) Dr. Bambang Suprijadi, M.Si., (II) Drs. Bakhtiyar, S.Sos, M.IP Keberadaan perpustakaan sangat dibutuhkan sebagai pengelola informasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam hal ini khususnya pada perpustakaan sekolah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis kualitas layanan perpustakaan berdasarkan Affect of Service (sikap petugas perpustakaan dalam melayani pengguna), Information Control (ketersediaan koleksi dan kemudahan akses informasi), Library as Place (perpustakaan sebagai sebuah tempat atau sumber informasi). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode ini digunakan bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode LibQual+TM Populasi penelitian ini siswa, guru dan karyawan yang datang saat peneliti melaksanakan penelitian dengan satu kali kesempatan menjadi responden. Lokasi penelitian di Perpustakaan SMP Khadijah Surabaya. Sampel diperoleh menggunakan teknik total sampling sejumlah 34 responden. Teknik analisis data penelitian ini kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini pengamatan, kuesioner, dan studi literatur. Hasil penelitian ini adalah sikap petugas perpustakaan dalam melayani pengguna perpustakaan adalah sangat baik, dimana petugas sangat ramah dan tepat dalam melayani pengguna perpustakaan; penilaian terhadap ketersediaan koleksi dan kemudahan akses koleksi perpustakaan adalah baik, yakni penanganan koleksi dan informasi telah dilakukan dengan baik, hanya saja masih sangat perlu untuk hal pembaharuan koleksi; dan perpustakaan sebagai tempat atau sumber informasi telah sangat baik, karena ketersediaan tempat untuk kebutuhan belajar telah sangat memadai dan sangat nyaman karena lokasi yang bersih dan nyaman. Maka, hasil secara keseluruhan dari penilaian kualitas layanan berdasarkan ketiga dimensi tersebut adalah sangat baik dimana, petugas, koleksi dan informasi sangat baik dan lokasi yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan. Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah, Kualitas Layanan Perpustakaan, LibQual+TM 
Institution Info

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya