DETAIL DOCUMENT
Analisis keunggulan kompetitif jahe Indonesia di pasar internasional
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Author
Utama, Anisa Nadila
Subject
S Agriculture (General) 
Datestamp
2020-09-14 05:20:44 
Abstract :
ABSTRAK Jahe digunakan sebagai bahan baku utama jamu dan obat tradisional. Indonesia merupakan salah satu produsen serta pengekspor jahe di dunia. Jahe sendiri tumbuh dengan baik di negara tropis seperti Indonesia. Kondisi ini cukup membuat Indonesia unggul dalam memproduksi jahe. Seringkali Indonesia mengalami fluktuasi dalam kegiatan ekspor jahe. Tingginya tingkat persaingan di tingkat regional mengharuskan negara Indonesia meningkatkan kualitas jahe indonesia agar dapat bertahan dan meningkatkan daya saing. Oleh karena itu, dalam penelitian ini mengidentifikasi faktor ? faktor yang memengaruhi keunggulan kompetitif jahe Indonesia di pasar internasional. Untuk melihat daya saing menggunakan analisis RCA (Revealed Comparative Advantage) kemudian di regresi menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komoditas jahe memiliki daya saing di pasar internasional dan ekspor komoditas jahe indonesia dipengaruhi oleh produksi jahe, volume ekspor jahe dan nilai tukar rupiah terhadap dollar. 
Institution Info

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya