DETAIL DOCUMENT
Pengaruh kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat di kelas IX SMP Katolik Indriyasanah VII Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Author
Kelen, Reri Jenifer Maria
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2020-09-14 06:53:28 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara Kecerdasan Matematis Logis terhadap hasil, pengaruh kemandirian belajar tehadap hasil belajar serta pengaruh kecerdasan matematis logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil belajar matematika pada rnateri persamaan dan fungsi kuadrat di SMP Katolik Indriyasana VII Surabaya. Ada 2 Variabel dalarn penelitian ini yakni variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas : Kecerdasan Matematis Logis dan Kemandirian Belajar, sedangkan variabel terikat : Hasil Belajar.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan bantuan SPSS. Sampel yang digunakan adalah kelas IX SMP dengan jumlah siswa 12 orang. Pada analisis ini peneliti melakukan pengujian normalitas data dan uji korelasi dengan bantuan SPSS untuk menyimpulkan hasil hipotesis penelitian. Penelitian ini memperoleh data bahwa hasil analisis korelasi X1 dengan Y yang dapat di lihat pada tabel correlations di peroleh nilai signikansi dari variabel kecerdasan matematis logis adalah sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai r hitung sebesar 0,796 > 0,576 nilai r tabel yang artinya adalah bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar siswa, begitu juga dengan hasil analisis korelasi X2 dengan Y yang dapat di lihat pada tabel correlations di peroleh nilai signikansi dari variabel kemandirian belajar adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai r hitung sebesar 0,908 > dari 0,576 nilai r tabel, yang juga ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. variabel kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar secara signifikan memberikan sumbangan sebesar 0,842 atau 84,2 %pengaruh terhadap hasil belajar dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain kecerdasan logis matematis dan kemandirian belajar, yang mana menurut Sugiyono (2007), pengaruh 84,2 % termasuk dalam kategori tinggi. Dan dari hasil analisis yang dapat di lihat pada tabel summary diperoleh juga nilai probabilitas (Sig.F change) = 0,000 < 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan matematis logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : : Kecerdasan Matematis Logis, Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar. 

File :
ABSTRAK.pdf
Institution Info

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya