DETAIL DOCUMENT
Penggunaan Teknik Membaca Skimming dan Scanning dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V-B SDN Pakis V Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Author
Pasaribu, Frisca Miranda
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-09-13 06:39:43 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik membaca skimming dan scanning dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas V SD. Instrumen pengumpulan data berupa lembar wawancara, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes membaca pemahaman. Sampel berjumlah 15 siswa kelas V-B. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan siswa mampu mengikuti video konferensi pembelajaran daring. Hasil observasi aktivitas siswa menyatakan bahwa pada pertemuan I diperoleh rata-rata adalah 79%, kemudian meningkat pada pertemuan II menjadi 81% termasuk dalam kategori baik. Rata-rata hasil tes membaca pemahaman yang diikuti oleh 15 siswa kelas V-B adalah 73 termasuk dalam kategori baik. Siswa kelas V-B sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai membaca pemahaman, meskipun beberapa individu harus membaca berulang kali setiap kalimat untuk memahami secara mendalam mengenai suatu bacaan. Teknik membaca skimming dan scanning digunakan untuk membantu siswa mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam membaca pemahaman. 
Institution Info

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya