Institusion
Universitas Gadjah Mada
Author
RIFQAH PUTRI KIRANA
Rahmat Hidayat, S.Psi., M.Sc., Ph.D.
Subject
E-commerce
Datestamp
2022-06-29 17:00:00
Abstract :
Perkembangan teknologi yang sangat pesat di dunia e-commerce memberikan berbagai kemudahan bagi para penggunanya, baik dari sisi konsumen maupun pemasar. Beberapa tahun terakhir pengguna e-commerce ditemukan meningkat sangat pesat, sehingga pemasar perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat dan efektif agar dapat tetap unggul. Studi terdahulu menyebutkan bahwa pembelian impulsif berhasil meningkatkan keuntungan penjualan. Pembelian impulsif ditemukan dapat dipicu oleh salah satu dimensi emosi, yaitu kegairahan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh warna dan kelangkaan kuantitas terbatas (LQS), maupun interaksinya terhadap pembelian impulsif secara daring melalui mekanisme persepsi kegairahan pada e-commerce menggunakan metode eksperimen daring. Sebanyak 281 masyarakat Indonesia berusia 18-25 tahun yang pernah melakukan belanja online di e-commerce terlibat dalam eksperimen faktorial 2 (warna: merah dan biru) X 2 (LQS: rendah dan tinggi) ini. Hasil penelitian diolah menggunakan analisis varian dua jalur dan regresi linier sederhana. Ditemukan bahwa tidak terdapat pengaruh warna dan LQS, maupun interaksinya terhadap persepsi kegairahan, tetapi persepsi kegairahan ditemukan berperan dalam memprediksi pembelian impulsif secara daring.