Abstract :
Perusahaan X merupakan salah satu anggota dari Minding Industry Indonesia (MIND ID) yang juga merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang holding industri pertambangan. Perusahaan ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Perusahaan ini bergerak dalam bidang penambangan emas dan perak. Perusahaan ini sering kali mendapat kendala, namun di tahun 2020 Perusahaan X mengalami kendala baru yang cukup besar.Pada tahun 2020, Virus Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia sehingga mengharuskan pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan Work From Home (WFH) bagi para pekerja. Namun tidak 100% pekerja dapat melakukan WFH. Hal ini menyebabkan penurunan intensitas kerja bagi Perusahaan X hingga penurunan hasil finansial yang cukup signifikan. Perusahaan harus mampu menciptakan strategi pemasaran baru untuk mempertahankan perusahaan.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Perusahaan X dalam masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan pada data. Data tersebut diperoleh dari dokumen dan observasi mengenai strategi pemasaran Perusahaan X. Kemudian diolah dengan menambahkan data tabel dan gambar.Analisis dari penelitian ini mengenai strategi pemasaran emas dan perak dalam suatu perusahaan. Analisis akan dilakukan dari strategi pemasaran emas dan perak beberapa tahun lalu yang mengalami penghasilan tertinggi dalam penjualan emas dan perak. Setelah itu, akan dilakukan analisis data antara tahun penjualan tertinggi dan pada tahun 2020.