DETAIL DOCUMENT
Penceritaan Visual dalam Bisnis Lokapasar Pernikahan (Analisis Isi Kualitatif dan Komunikasi Pemasaran Bisnis Lokapasar Pernikahan pada Akun Instagram @thebridestory)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gadjah Mada
Author
AFIFAH NURANIAN
Syafrizal, S.I.P., M.A.
Subject
Penceritaan Visual 
Datestamp
2022-07-03 17:00:00 
Abstract :
Penelitian ini mengeksplorasi elemen naratif dan tanda (semiotika) dalam konten visual pada akun Instagram @thebridestory dan bertujuan untuk memahami pesan komunikasi pemasaran yang terkandung di dalamnya. Dalam penelitian ini, fotografi pernikahan dilihat sebagai sebuah objek penceritaan visual yang kaya akan unsur-unsur narasi dan simbolik yang dapat menjelaskan pesan komunikasi pemasaran Bridestory. Untuk itu, metode analisis isi kualitatif yang dipadukan dengan rangkaian elemen naratif dan semiotika dilibatkan untuk memetakan tema penceritaan visual serta menginterpretasi pesan komunikasi pemasaran yang Bridestory sampaikan melalui konten fotografi pernikahannya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten fotografi pernikahan tidak hanya merekam sisi material dari suatu pernikahan dekorasi, riasan, busana, cincin, tetapi juga memperlihatkan kepada audiens tentang gambaran pernikahan yang ideal. Melalui konten visual tersebut, Bridestory berusaha memberikan visualisasi kepada target audiensnya, yakni para calon pengantin tentang acara pernikahan yang ideal. Selain itu, Bridestory juga berusaha menyampaikan bahwa ia adalah jenama yang mampu mewujudkan pernikahan impian tersebut. 

Institution Info

Universitas Gadjah Mada