DETAIL DOCUMENT
Strategi Respons Krisis pada Akun Twitter @pertamina (Analisis Isi Kualitatif Kasus Kebakaran Tangki Penyimpan BBM Kilang Pertamina Refinery Unit VI Balongan Periode 29 Maret � 18 Juni 2021)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gadjah Mada
Author
HARIS HANANTO SUSILO
Acniah Damayanti, S.I.P., M.Sc.
Subject
Analisis Isi Kualitatif 
Datestamp
2022-07-03 17:00:00 
Abstract :
Dini hari tanggal 29 Maret 2021, publik dikejutkan dengan ledakan yang disertai dengan kebakaran yang melanda tangki kilang milik Pertamina Refinery Unit VI Balongan. Kebakaran tersebut menghanguskan empat dari tujuh total tangki penyimpan BBM dan merusak kediaman warga yang berlokasi di sekitar kilang Balongan. Insiden tersebut juga mengakibatkan sebanyak lima orang mengalami luka berat, tiga orang hilang, serta 890 warga yang tinggal di sekitar kilang terpaksa harus diungsikan. Akibatnya, Pertamina menghentikan seluruh operasi (normal shutdown) dari kilang Balongan sebagai langkah antisipasi agar kebakaran tidak menjalar ke area lain.Dilihat dari kerugian yang dialami, insiden ini masuk ke dalam kategori krisis yang secara langsung berpengaruh kepada citra Pertamina di hadapan publik. Selain itu, Pertamina juga harus dihadapkan oleh informasi negatif terkait insiden yang cepat tersebar secara daring. Sebagai langkah penanganan krisis, Pertamina memanfaatkan akun Twitter @pertamina sebagai alat untuk merespons tanggapan publik dan memberikan informasi yang sesuai dari pihaknya. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha mengetahui jenis strategi respons krisis yang digunakan akun Twitter @pertamina dalam menanggulangi insiden ini.Objek utama dalam penelitian ini adalah 39 cuitan dari akun Twitter @pertamina yang dikumpulkan sejak tanggal 29 Maret - 18 Juni 2021. Untuk mengetahui jenis strategi respons krisis yang digunakan, peneliti menggunakan metode analisis isi kualitatif yang dibantu dengan Teori Komunikasi Krisis Situasional (SCCT). Teori ini menyediakan jenis-jenis strategi respons krisis yang dapat digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk menangani suatu krisis. Terdapat 10 jenis strategi respons krisis yang ditawarkan dan dapat disesuaikan dengan jenis krisis yang dihadapi.Dari proses analisis yang dilakukan, ditemukan lima strategi respons krisis yang cenderung digunakan oleh akun Twitter @pertamina, yaitu attack the accuser,justification, compensation, apology, dan ingratiation. Dari lima strategi respons krisis tersebut, strategi justification menjadi strategi respons krisis yang paling banyak digunakan oleh akun Twitter @pertamina. 

Institution Info

Universitas Gadjah Mada