DETAIL DOCUMENT
PEER EDUCATOR DAN PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA
Total View This Week61
Institusion
Universitas Gadjah Mada
Author

Subject
S2 Sosiologi minat Studi Pembangunan 
Datestamp
2019-07-16 00:00:00 
Abstract :
(ABSTRAKSI) Salah satu isu pembangunan yang penting saat ini adalah masalah kesehatan reproduksi. Kesehatan reproduksi berawal dari usia remaja, sehingga remaja menjadi konsen utama. Selain itu, kondisi yang masih labil pada remaja, rendahnya pemahaman remaja tentang pengetahuan kesehatan reproduksi yang benar, serta seksualitas yang masih dianggap tabu, memunculkan penyimpangan reproduksi, seperti seks pranikah, aborsi, dan HIV/AIDS. Namun, disisi lain arus informasi tentang reproduksi semakin deras dan orangtua tidak mampu berperan secara maksimal dalam pendidikan kesehatan reproduksi karena pemahaman orangtua perihal kesehatan reproduksi masih rendah serta konstruksi sosial yang menempatkan seksualitas sebagai masalah yang tabu untuk diperbicangkan di publik. Pendekatan pendidik sebaya (peer educator) dalam pendidikan kesehatan reproduksi remaja dipilih karena faktor teman sebaya menjadi sangat penting dalam transfer informasi tentang kesehatan reproduksi. Efektivitas peer educator dalam program PIK-KRR menjadi entry point dalam pendidikan kesehatan reproduksi remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil lokasi di SMA “Demarko”. Informan dipilih secara purposive, kecuali peer educator yang dipilih secara snowball. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik participant observation dan in-depth interview, untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Pendidikan kesehatan reproduksi remaja dilaksanakan melalui program Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) dan peer educator sebagai aktor utamanya. PIK-KRR SMA “Demarko” memiliki sebutan “Subur”. Meskipun kontroversial, pada awal pelaksanaan program, PIK- KRR “Subur” langsung mendapat predikat “Tegar” yang merupakan tingkatan tertinggi dalam pengelolaan PIK-KRR. Meskipun demikian, pada tahun pertama kepengurusan PIK-KRR mampu menjalankan semua kegiatan yang telah diprogramkan sebelumnya dan berhasil meraih prestasi sebagai juara 1 PIK-KRR tingkat provinsi. Dalam perjalanan berikutnya, ternyata kinerja peer educator di PIK-KRR “Subur” mengalami penurunan karena komunikasi berjalan satu arah, rendahnya intensitas komunikasi, lemahnya dukungan dan penghargaan yang diberikan sekolah, serta rendahnya motivasi guru pendamping. Beberapa aktor dalam pelaksanaan program PIK-KRR di SMA “Demarko” memiliki kepentingannya masing-masing. Artikulasi kepentingan beberapa aktor mengaburkan tujuan pendidikan kesehatan sehingga program PIK-KRR tidak berjalan efektif. (ABSTRACT) One of the present important development issues was reproduction health. The reproduction health began at adolescence and adolescents became primary concern. Additionally, labile condition, less understanding of the right reproduction health and the taboo of sex caused reproduction deviations such as premarital sex, abortion and HIV/AIDS. However, there were many refproduction information that were easily accessed by adolescents and parents could not play maximal role in the reproduction health education because they were lack of the knowledge of the reproduction health in addition to the existing social construct that considered sexuality as taboo. Peer educator approach in the adolescent reproduction health education was chosen because peers played an important role in transfering the information of the reproduction health. The effectiveness of the peer education approach in the program PIK-KRR became the entry point in the adolescent reproduction health education. The study used qualitative method and was conduced in “Demarko” Senior High School. The informants were selected using purposive sampling except those in selected using snowball sampling. The data was collected using participant observation and in-depth interview for descriptive analysis. The adolescent reproduction health education wass conducted through Pusat Information dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) program and the peer educator as the primary actor. The PIK-KRR of “Demarko” Senior High School is referred to as “Subur”. Though it was controversial at the beginning, the PIK-KRR “Subur” obtains the predicate “Tegar” representing the highest level in the management of the PIK-KRR. However, in the first year the management of the PIK-KRR managed to organize all of the programmed activities and won First Champion of PIK-KRR at provincial level. In the next operation, it was proven that the performance of the peer edcuators in the PIK-KRR “Subur” decreased because the communication went unidirectionally, is of low intensity, gains less support and appreciation of the school and the low motivation of advocating teachers. Some actors in the implementation of the PIK-KRR in “Demarko” Senior High School pursued their own interests. The articulation of the actors blured the objective of the reproduction health education that the program did not go effectively. 

Institution Info

Universitas Gadjah Mada