DETAIL DOCUMENT
Analisis respon Konsumen Terhadap Tools marketing Communication (Studi Kasus: Produk Telkom Global 01017 di Cluster Cianjur)
Total View This Week44
Institusion
Universitas Gadjah Mada
Author

Subject
S2 Magister Manajemen 
Datestamp
2019-07-16 00:00:00 
Abstract :
(ABSTRAKSI) Telkom Global 01017 (TG 01017) merupakan produk sambungan langsung internasional berbasis teknologi VoIP milik PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom). Di Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, yang memiliki potensi pasar panggilan internasional yang tinggi karena merupakan daerah kantong Tenaga Kerja Indonesia (TKI), TG 01017 masih mengalami kekalahan market share dibandingkan dengan pesaingnya Kondisi ini mendorong Telkom menggandeng Telkomsel sebagai pengakses terbesar TG 01017 melakukan marketing communication TG 01017 dengan mengangkat tema panggilan murah ke luar negeri melalui TG 01017 dari kartu Telkomsel. Implementasi marketing communication TG 01017 tidak dilakukan secara nasional, melainkan secara cluster. Cluster Cianjur ditetapkan sebagai pilot project implementasi marketing communication TG 01017, dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut merupakan kantong TKI dengan market share TG 01017 dan customer base Telkomsel yang rendah. Marketing communication TG 01017 mulai diimplementasikan Oktober 2011. Berdasarkan hasil monitoring rutin produksi TG 01017 dsampai dengan Desember 2011, produksi TG 01017 di daerah Bandung dan Cianjur sesudah dilakukannya marketing communication mengalami pertumbuhan dibandingkan periode sebelumnya, bahkan pertumbuhannya lebih tinggi dibandingkan daerah Malang dan Jember yang juga merupakan kantong TKI. Hal ini menunjukkan besarnya ,peluang marketing communication TG 01017 di cluster Cianjur tetap dilanjutkan dengan enhancement yang disesuaikan dengan kebutuham. Sebagai upaya persiapan enhancement marketing communication TG 01017 cluster Cianjur, perlu dilakukan analisis respon konsumen terhadap tools marketing communication sebagai dasar dalam menentukan perpaduan tools marketing communication dan pengelolaan budget marketing communication, sesuai dengan tingkat tahapan respon konsumen yang telah terbentuk berdasarkan hasil evaluasi efektifitas marketing communication yang dilakukan oleh Telkomsel. Tools-tools yang digunakan dalam marketing communication TG 01017 cluster Cianjur terdiri dari advertising, direct marketing, dan personal selling. Dengan menggunakan hierarchy of effect model sebagai model respon konsumen dan ANOVA sebagai alat uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa advertising memberikan efek lebih tinggi pada awareness dan knowledge konsumen terhadap produk dibandingkan tools marketing communication lainnya, direct marketing memberikan efek yang lebih tinggi pada liking dan preference konsumen terhadap produk dibandingkan tools marketing communication lainnya, dan personal selling memberikan efek yang lebih tinggi pada conviction dan purchase intention konsumen terhadap produk dibandingkan tools marketing communication lainnya. (ABSTRACT) Telkom Global 01017 (TG 01017) is a VoIP technology based international direct call product from PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom). In West Java, East Java, Bali and Nusa Tenggara, which is having a high potential market for international call due to is a home area of Tenaga Kerja Indonesia (TKI), TG 01017 is still losing its market share. This condition has led for Telkom to cooperate with Telkomsel as the dominant users of TG 01017 by doing Marketing Communication TG 01017 with the theme of low rate international call using TG 01017 from Telkomsel card. The implementation of marketing communication TG 01017 is not launched on national wide coverage, and is going for cluster instead. The Cianjur Cluster is set to become as pilot project for the implementation of marketing communication TG 01017, with consideration that this area is the home area for TKI with low market share of TG 01017 and is also a low customer base for Telkomsel. The implementation of marketing communication TG 01017 started from October 2011. Based on the evaluation until December 2011, the traffic production of TG 01017 has experience some increase compared with traffic production before the marketing communication program is launched. This growth is much higher compared with the traffic production in other home area for TKI which have not been initiated with marketing communication program. This condition indicates more probability of continuing the marketing communication TG 01017 cluster Cianjur. As an effort for preparing enhancement marketing communication TG 01017 cluster Cianjur, it is required to analyze the consumer response toward the marketing communication tools, as a baseline to develop the mix of marketing communication tools and budget allocation, putting into account the level of developed consumer response based on the evaluation result done by Telkomsel. Tools used during marketing communication TG 01017 cluster Cianjur are consists of advertising, direct marketing, dan personal selling. By using hierarchy of effect model as the consumer response model and ANOVA as the hypothesis testing tool, a conclusion can be derived that advertising provides higher effect to the consumer awareness and knowl 

Institution Info

Universitas Gadjah Mada