Abstract :
(ABSTRAKSI) Telkom Global 01017 (TG 01017) merupakan produk sambungan langsung
internasional berbasis teknologi VoIP milik PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk
(Telkom). Di Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, yang memiliki
potensi pasar panggilan internasional yang tinggi karena merupakan daerah
kantong Tenaga Kerja Indonesia (TKI), TG 01017 masih mengalami kekalahan
market share dibandingkan dengan pesaingnya Kondisi ini mendorong Telkom
menggandeng Telkomsel sebagai pengakses terbesar TG 01017 melakukan
marketing communication TG 01017 dengan mengangkat tema panggilan murah
ke luar negeri melalui TG 01017 dari kartu Telkomsel.
Implementasi marketing communication TG 01017 tidak dilakukan secara
nasional, melainkan secara cluster. Cluster Cianjur ditetapkan sebagai pilot
project implementasi marketing communication TG 01017, dengan pertimbangan
bahwa daerah tersebut merupakan kantong TKI dengan market share TG 01017
dan customer base Telkomsel yang rendah. Marketing communication TG 01017
mulai diimplementasikan Oktober 2011.
Berdasarkan hasil monitoring rutin produksi TG 01017 dsampai dengan
Desember 2011, produksi TG 01017 di daerah Bandung dan Cianjur sesudah
dilakukannya marketing communication mengalami pertumbuhan dibandingkan
periode sebelumnya, bahkan pertumbuhannya lebih tinggi dibandingkan daerah
Malang dan Jember yang juga merupakan kantong TKI. Hal ini menunjukkan
besarnya ,peluang marketing communication TG 01017 di cluster Cianjur tetap
dilanjutkan dengan enhancement yang disesuaikan dengan kebutuham. Sebagai
upaya persiapan enhancement marketing communication TG 01017 cluster
Cianjur, perlu dilakukan analisis respon konsumen terhadap tools marketing
communication sebagai dasar dalam menentukan perpaduan tools marketing
communication dan pengelolaan budget marketing communication, sesuai dengan
tingkat tahapan respon konsumen yang telah terbentuk berdasarkan hasil evaluasi
efektifitas marketing communication yang dilakukan oleh Telkomsel.
Tools-tools yang digunakan dalam marketing communication TG 01017 cluster
Cianjur terdiri dari advertising, direct marketing, dan personal selling. Dengan
menggunakan hierarchy of effect model sebagai model respon konsumen dan
ANOVA sebagai alat uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa advertising
memberikan efek lebih tinggi pada awareness dan knowledge konsumen terhadap
produk dibandingkan tools marketing communication lainnya, direct marketing
memberikan efek yang lebih tinggi pada liking dan preference konsumen terhadap
produk dibandingkan tools marketing communication lainnya, dan personal
selling memberikan efek yang lebih tinggi pada conviction dan purchase intention
konsumen terhadap produk dibandingkan tools marketing communication lainnya. (ABSTRACT) Telkom Global 01017 (TG 01017) is a VoIP technology based international direct
call product from PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom). In West Java,
East Java, Bali and Nusa Tenggara, which is having a high potential market for
international call due to is a home area of Tenaga Kerja Indonesia (TKI), TG
01017 is still losing its market share. This condition has led for Telkom to cooperate
with Telkomsel as the dominant users of TG 01017 by doing Marketing
Communication TG 01017 with the theme of low rate international call using TG
01017 from Telkomsel card.
The implementation of marketing communication TG 01017 is not launched on
national wide coverage, and is going for cluster instead. The Cianjur Cluster is set
to become as pilot project for the implementation of marketing communication
TG 01017, with consideration that this area is the home area for TKI with low
market share of TG 01017 and is also a low customer base for Telkomsel. The
implementation of marketing communication TG 01017 started from October
2011.
Based on the evaluation until December 2011, the traffic production of TG 01017
has experience some increase compared with traffic production before the
marketing communication program is launched. This growth is much higher
compared with the traffic production in other home area for TKI which have not
been initiated with marketing communication program. This condition indicates
more probability of continuing the marketing communication TG 01017 cluster
Cianjur. As an effort for preparing enhancement marketing communication TG
01017 cluster Cianjur, it is required to analyze the consumer response toward the
marketing communication tools, as a baseline to develop the mix of marketing
communication tools and budget allocation, putting into account the level of
developed consumer response based on the evaluation result done by Telkomsel.
Tools used during marketing communication TG 01017 cluster Cianjur are
consists of advertising, direct marketing, dan personal selling. By using hierarchy
of effect model as the consumer response model and ANOVA as the hypothesis
testing tool, a conclusion can be derived that advertising provides higher effect to
the consumer awareness and knowl