DETAIL DOCUMENT
Peningkatan Pengetahuan Guru Dalam Pelaksanaan Prosedur Pengembangan Penilaian Pembelajaran Melalui Workshop di SMA Negeri 11 Yogyakarta
Total View This Week75
Institusion
Universitas Gadjah Mada
Author

Subject
S2 Magister Manajemen 
Datestamp
2019-07-16 00:00:00 
Abstract :
(ABSTRAKSI) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan guru dalam melaksanakan prosedur pengembangan penilaian pembelajaran (P4) di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian juga bertujuan mengetahui peningkatan motivasi dan percaya diri guru setelah mengikuti kegiatan workshop. Dua puluh delapan guru dari semua mata pelajaran yang mengikuti workshop peningkatan pengetahuan P4 menjadi subyek penelitian. Data dikumpulkan melalui instrumen angket dengan skala Likert yang terdiri dari variabel pengetahuan, variabel motivasi, dan variabel percaya diri. Hasil angket dianalisis menggunakan program SPSS 19 Compare Means, Paired Samples T Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan (C2-C1) dengan thitung = 4,278 > ttabel = 2,052 dan taraf signifikansi 0,000; peningkatan motivasi (C2-C1) dengan thitung = 5,793 > ttabel = 2,052 dan signifikansi 0,000; dan peningkatan percaya diri (K2-K1) dengan thitung = 3,068 > ttabel = 2,052 dan taraf signifikansi 0,005. Karena variabel pengetahuan, motivasi, dan percaya diri memiliki thitung lebih besar dari ttabel = 2,052 dan taraf signifikansi lebih kecil dari α = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan, motivasi, dan percaya diri guru SMA Negeri 11 Yogyakarta antara sebelum dan sesudah tindakan (workshop) secara signifikan. (ABSTRACT) The aim of this research is to know about the teacher’s knowledge enhancement in Evaluation Development Procedure through Workshop at SMA Negeri 11. It is also aimed at knowing the teacher’s motivation enhancement and teacher’s selfconfodence after following the workshop. The subject of this reseach twenty eight teachers from all subjects that followed the workshop of the teacher’s knowledge enhancement in Evaluation Development Procedure. Data was colleted by means of questionnaires based on Likert scale that consisted of knowledge variable, motivation variable, and self confidence variable. The results are analyzed by using SPSS 19 program related to compare means, Paired Samples T Test. The results show that there is increase in knowledge (C2-C1) with tcount = 4.278 > ttable = 2,052 and the degree of significance 0,000; motivation (C2-C1) with tcount = 5,793 > ttable = 2,052 and the degree of significance 0,000, and self confidence (K2-K1) with tcount = 3,068 > ttables = 2,052 and the degree of significance 0,005. Because the variables of knowledge, motivation, and confidence has tcount > ttable = 2,052 and significance level < α = 0.05, it is concluded that there is the increase in knowledge, motivation, and self confidence of the teachers at SMA Negeri 11 Yogyakarta after treatment (workshop) significantly. 

Institution Info

Universitas Gadjah Mada