Abstract :
(ABSTRAKSI) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan guru dalam
melaksanakan prosedur pengembangan penilaian pembelajaran (P4) di SMA
Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian juga bertujuan mengetahui peningkatan
motivasi dan percaya diri guru setelah mengikuti kegiatan workshop. Dua puluh
delapan guru dari semua mata pelajaran yang mengikuti workshop peningkatan
pengetahuan P4 menjadi subyek penelitian. Data dikumpulkan melalui instrumen
angket dengan skala Likert yang terdiri dari variabel pengetahuan, variabel
motivasi, dan variabel percaya diri. Hasil angket dianalisis menggunakan program
SPSS 19 Compare Means, Paired Samples T Test. Hasil analisis menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan pengetahuan (C2-C1) dengan thitung = 4,278 > ttabel =
2,052 dan taraf signifikansi 0,000; peningkatan motivasi (C2-C1) dengan thitung =
5,793 > ttabel = 2,052 dan signifikansi 0,000; dan peningkatan percaya diri (K2-K1)
dengan thitung = 3,068 > ttabel = 2,052 dan taraf signifikansi 0,005. Karena variabel
pengetahuan, motivasi, dan percaya diri memiliki thitung lebih besar dari ttabel =
2,052 dan taraf signifikansi lebih kecil dari α = 0,05, maka dapat disimpulkan
bahwa terjadi peningkatan pengetahuan, motivasi, dan percaya diri guru SMA
Negeri 11 Yogyakarta antara sebelum dan sesudah tindakan (workshop) secara
signifikan. (ABSTRACT) The aim of this research is to know about the teacherâs knowledge enhancement in
Evaluation Development Procedure through Workshop at SMA Negeri 11. It is
also aimed at knowing the teacherâs motivation enhancement and teacherâs
selfconfodence after following the workshop. The subject of this reseach twenty
eight teachers from all subjects that followed the workshop of the teacherâs
knowledge enhancement in Evaluation Development Procedure. Data was colleted
by means of questionnaires based on Likert scale that consisted of knowledge
variable, motivation variable, and self confidence variable. The results are
analyzed by using SPSS 19 program related to compare means, Paired Samples T
Test. The results show that there is increase in knowledge (C2-C1) with tcount =
4.278 > ttable = 2,052 and the degree of significance 0,000; motivation (C2-C1)
with tcount = 5,793 > ttable = 2,052 and the degree of significance 0,000, and self
confidence (K2-K1) with tcount = 3,068 > ttables = 2,052 and the degree of
significance 0,005. Because the variables of knowledge, motivation, and
confidence has tcount > ttable = 2,052 and significance level < α = 0.05, it is
concluded that there is the increase in knowledge, motivation, and self confidence
of the teachers at SMA Negeri 11 Yogyakarta after treatment (workshop)
significantly.