DETAIL DOCUMENT
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SEPEDA JENIS ROAD BIKE
Total View This Week40
Institusion
Universitas Gadjah Mada
Author

Subject
TEKNIK INDUSTRI 
Datestamp
2019-07-16 00:00:00 
Abstract :
(ABSTRAKSI) Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Jika kinerja berada di bawah harapan, pelanggan tidak puas. Semakin tingginya permintaan akan produk sepeda jenis road bike membuat persaingan antar produsen sepeda semakin ketat. Para produsen sepeda harus benar-benar memahami dan mengenali yang diinginkan konsumen agar dapat bersaing dan tidak ditinggalkan konsumen dengan mengetahui persepsi konsumen terhadap produk sepeda jenis road bike. Penelitian ini bertujuan untuk atribut apakah yang paling dibutuhkan untuk memenuhi kepuasan konsumen pada produk sepeda jenis road bike di Yogyakarta. Total responden berjumlah 70 orang yang memberikan respon terhadap kuisioner dan wawancara langsung. Teknik sampling yang digunakan adalah kuota sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji Cronbach dan analisis Kano.Pada tahap awal diperoleh 48 atribut yang diperoleh dari kuisioner tahap awal dan brainstorming terhadap konsumen pengguna produk sepeda jenis road bike. Setelah didapatkan 48 atribut tersebut kemudian diuji menggunakan uji Cronbach Alpha, terdapat 32 atribut tersisa yang menunjukkan bahwa indikator tersebut valid dan memenuhi nilai uji statistik Cronbach Alpha. Dari 32 atribut tersebut kemudian dianalisa menggunakan Metode Kano. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil bahwa terdapat 12 atribut yang termasuk dalam kategori one-dimensional, tujuh atribut yang termasuk dalam kategori must-be, 11 atribut attractive, dan dua atribut yang termasuk dalam kategori indifferent. (ABSTRACT) - 

Institution Info

Universitas Gadjah Mada