DETAIL DOCUMENT
Factors Influencing Digital Media Contents Repeat Purchase Intention among Indonesian Young Adults: A Case on Apple Inc.’s iTunes and iTunes Store
Total View This Week73
Institusion
Universitas Gadjah Mada
Author

Subject
MANAJEMEN 
Datestamp
2019-07-16 00:00:00 
Abstract :
(ABSTRAKSI) Sebelum Apple Inc. meluncurkan iTunes dan iTunes, konsumen yang ingin konten media digital, harus membeli konten tersebut melalui toko fisik atau mengunduh secara ilegal melalui situs web dan program komputer. Konten media digital yang ditawarkan oleh Apple Inc. iTunes ini berstandar premium. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang factor-faktor yang mempengaruhi niat membeli kembali konten media digital di kalangan orang dewasa muda Indonesia. Hasil analisis penelitian ini terdiri dari dua jenis: analisis regresi berganda dan analisis regresi sederhana. Analisis regresi ganda menemukan pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi tentang Hiburan, Persepsi Harga, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan antara Persepsi Nilai Konsumen terhadap iTunes dan iTunes Store. Dimana, dalam analisis regresi sederhana adalah untuk menemukan pengaruh Persepsi Nilai Konsumen dengan Niat Membeli Kembali terhadap konten media digital yang ditawarkan di iTunes Store. Kuesioner ini didistribusikan secara online untuk 180 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa Persepsi Kegunaan dan Persepsi Harga adalah isu-isu penting yang harus dipertimbangkan dalam persepsi nilai konsumen terhadap iTunes dan iTunes Store dan niat membeli kembali mereka untuk konten media digital di iTunes Store. (ABSTRACT) Before Apple Inc. launched iTunes and the iTunes, consumers that wanted media contents; had to purchase the contents via a physical store or download the contents through websites and software programs. Apple Inc.‟s iTunes Store offered these premium standard of digital media contents. The purpose of this research is to provide an explanation of factors influencing digital media contents repeat purchase intention among Indonesian young adults. The analyses of this research consisted of two types: multiple regression analysis and simple regression analysis. Multiple regression analysis method finds the influences of Perceived Usefulness, Perceived Playfulness, Perceived Price, and Perceived Ease of Use among Perceived Customer Value towards iTunes and the iTunes Store. Whereby, in simple regression analysis was to find the influence of Perceived Customer Value with Repeat Purchase Intention towards digital media contents offered in the iTunes Store. The questionnaire was distributed online to 180 respondents. The results of the analyses showed that Perceived Usefulness and Perceived Price were the important issues to be considered in the respondents‟ perceived customer value of iTunes and the iTunes Store towards repeat purchase intention of digital media contents in the iTunes Store. 

Institution Info

Universitas Gadjah Mada