DETAIL DOCUMENT
INTERNET, SELEBRITI MIRO, DAN KUASA Analisis Wacana Foucaultian Chripstory Akun Twitter Selebriti Mikro @TrioMacan2000 dan @Kurawa Masa Kampanye Pilkada DKI Jakarta 2012
Total View This Week57
Institusion
Universitas Gadjah Mada
Author

Subject
S2 Ilmu Politik/Ilmu Komunikasi 
Datestamp
2019-07-16 00:00:00 
Abstract :
(ABSTRAKSI) Kehadiran media baru membawa kultur dan karakteristik khusus, baik dari produk yang dihasilkan maupun implikasinya pada pengguna. Hal ini dikarenakan posisi teknologi media baru diletakkan sebagai pusat dan menjadi alternatif ruang publik yang memberi kesempatan bagi seluruh pengguna pada konteks ekspresi dan representasi diri. Meski begitu, media baru yang diharapkan membuka sekat konstruksi informasi dari satu arah, ternyata masih menyisakan pola kontrol atas informasi yang berpihak pada aktor tertentu. Salah satu bentuk fenomena sosial terkini yang mendominasi aliran komunikasi di media baru adalah munculnya sejumlah selebriti mikro yang terbentuk melalui microblog Twitter, yakni @TrioMacan2000 dan @kurawa. Intensitas dan frekuensi posting atau tweet yang tinggi oleh selebriti mikro ini membuatnya meraih rekognisi publik baik dalam komunitas khusus maupun khalayak ramai. Kicauan selebriti dalam akun tersebut memenuhi lini massa dan mengindikasikan adanya penguasaan yang kuat terlebih ketiadaan gatekeeper dalam posting Twitter. Melalui analisis wacana Foucaultian, diharapkan penelitian ini akan menghasilkan pemetaan kuasa yang terjadi dalam media baru melalui selebriti mikro. Konten pesan, dalam hal ini berbentuk tweet yang dikompilasi dalam bentuk chirpstory, akan dikategorikan sesuai konsep internet, selebriti mikro, dan kuasa. (ABSTRACT) - 

Institution Info

Universitas Gadjah Mada