DETAIL DOCUMENT
PERAN INDONESIAN DIASPORA NETWORK (IDN) DALAM MENINGKATAN COUNTRY BRANDING INDONESIA PADA ASPEK SOSIAL DAN BUDAYA DI AMERIKA SERIKAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Author
M. Rizky Alfarizi
Subject
 
Datestamp
2021-10-27 03:21:47 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana peran Indonesian Diaspora Network (IDN) dalam meningkatan country branding Indonesia pada aspek sosial dan budaya di Amerika Serikat. IDN yang merupakan organisasi yang didalamnya terdapat Diaspora Indonesia yang tersebar dan bermukim diberbagai belahan dunia. Diaspora Indonesia dapat berperan untuk meningkatkan branding Indonesia. Citra buruk Indonesia seperti kesenjangan sosial, konflik antar agama, gizi buruk, Rasisme, dll., Menjadi konsumsi bagi negara lain. Inilah yang diharapakan kepada Diaspora Indonesia dapat memainkan peran penting untuk menjadi duta besar Indonesia di luar negeri. Diaspora Indonesia yang berinteraksi langsung dengan masyarakat luar negeri, dapat memberikan informasi baik dan mengurangi citra buruk Indonesia. 2012, persatuan diaspora Indonesia lahir di Amerika Serikat. kemudian dilanjutkan dengan pembentukan jaringan Diaspora Indonesia (IDN). Kehadiran IDN, menjadikan kekuatan baru bagi Indonesia dalam bersaing di dunia internasional. Berbagai kegiatan dilakukan IDN USA, seperti eksebisi yang didalamnya terdapat kegiatan-kegiatan kebudayaan, pendidikan dll., yang bertujuan untuk meningkatkan citra Indonesia pada aspek sosial dan budaya sehingga akhirnya jumlah ekpsor dan pariwisata Indonesia dapat meningkat. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta